Sunday, May 6, 2007

halaqoh pelatihan sholat khusyu

halaqoh ini dilakukan tiap hari senin di masjid fatimah danar hadi, dimulai setelah sembahyang isyak. setiap pelaksanaan ada sekitar 80 - 100 peserta. materi yang disampaikan pada intinya tentang bagaimana tumakninah, berdzikir menghadirkan diri kepada allah, dan berniat serta berwudlu yang benar.
kajian sholat ini lebih banyak membahas bagaimana sholat sebagai sarana mencegah stress, dalam artian bagaimana sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. ketika seseorang tidak stress maka otomatis dia akan tercegah dari kejahatan. orang yang korupsi, pencuri, atau orang yang mudah marah merupakan indikasi bahwa dirinya stress.
kegiatan ini terselenggara bersama shalat center solo yang langsung dibawah salat center pusat di jakarta dan dibawah asuhan langsung oleh ustad Abu Sangkan.
sebenarnya kegiatan ini lebih banyak prakteknya dari pada ceramah karena namanya saja pelatihan sholat khusyu bukan ceramah sholat khusyu. peseta diajak untuk secara langsung merasakan khusyu itu bagaimana bukan diterangkan tentang keadan khusyu itu sendiri. sehingga peserta pulang adengan membawa pengalaman spiritual dan diharapkan datang sekali langsung dapat merasakan kekhusyuan tersebut.

No comments: