Monday, May 7, 2007

tentang SUBUD

membaca artikel tetnang subud menarik untuk di cermati, aliran kepercayaan yang di dirikan oleh Muhammad suhud ini berkembang pesat tidak hanya di dalam negri namun merambah hingga keluar negri. kita perlu mengambil pelajaran yang positif dari aktivitas subud ini. ajarannya yang sederhana, dapt dipraktekan siapapun dan ini yang mungkin belum kita contoh yaitu rahmatan lil alaminnya, artinya kegiatan ini dapat dipraktekan oleh siapapun baik oleh muslim maupun non muslim. ajaran subud ini cukup sederhana yaitu pasrah, merelakan diri kepada Tuhan Allah. dari sini ternyata dapat menimbulkan kekuatan yang luar biasa terhadap diri dan lingkungan. kekuatan ilahi dapat diakses melalui sikap pasrah kepada ilahi itu sendiri. banyak orang mencari kekuatan dengan menggunakan kekuatannya tidak dengan pasrah ... maka metode inipun laris manis karena daya yang ditimbulkan luar biasa.
dalam islam sebenarnya sudah dikenalkan bagaimana sorang muslim ini pasrah namun masih diantara kita yang masih menganggap hal tersebut sebagai teori saja yang sebatas dikaji dipengajian pengajian sehingga out putnya pun hanya sekedar pengetahuan bukan keadaan atau wilayah yang harus dimasuki.
terkait dengan artikel sebelumnya mengenai transformasi diri maka sikap pasrah ini dapt mengalihkan kesadaran dari kesadaran ego atau diri beralih menjadi kesadaran Ruh ilahi.
bagaimana sikap pasrah ini dapat dilatih ?.... tidak lain dengan sholat (al baqoroh 45-46) dimana kita dituntut mengembalikan segenap jiwa kita kepada allah... sehingga kita memperoleh apa yang dinamakan dengan khusyu.

1 comment:

Anonymous said...

sekedar mengoreksi, pembawa Subud namanya Muhammad Subuh.

Trims.