Thursday, April 22, 2010

PENGARUH PELATIHAN KEPERCAYAAN DIRI MENGGUNAKAN METODE HIPNOSIS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MENGHADAPI UJIAN SEMESTER (5)

BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
Berdasarkan data yang diperoleh dan hasil analisis data penelitian serta pembahasan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Perbedaan nilai rata-rata atau mean antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol tidak signifikan karena p > 0,05 atau dapat diartikan tidak ada perbedaan nilai rata-rata kepercayaan diri kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
2. Ada perbedaan nilai rata-rata antara pre test dengan post test pada kelompok kontrol yang signifikan namun bila dilihat dari rata-rata antara skor pre test dengan skor post test dapat diartikan setelah perlakuan pada kelompok kontrol mengalami penurunan kepercayaan diri.
3. Ada perbedaan nilai rata-rata antara pre test dengan post test pada kelompok eksperimen yang sangat signifikan namun bila dilihat dari rata-rata antara skor pre test dengan skor post test dapat diartikan subyek pada kelompok eksperimen mengalami kenaikan skor kepercayaan diri setelah adanya perlakuan. Artinya mendukung hipotesis yang diajukan untuk diterima
4. Ada perbedaan nilai rata-rata post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yang sangat signifikan, dimana kelompok eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol.
B. Saran
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hipnosis berpengaruh kepercayaan diri siswa kelas X dalam menghadapi ujian semester. Oleh karena itu disarankan:
1. Kepada siswa kelas X SMA Negeri I karanganyar
Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa pelatihan kepercayaan dir menggnakan metode hipnosis dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, sehingga diharapkan siswa-siswi mau mengikuti pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hipnosis tersebut untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi ujian semester.
2. Bagi Pendidik (kepala sekolah ataupun guru)
Kegiatan pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hipnosis ini telah terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi ujian semester. Oleh karena itu kepala sekolah ataupn guru ataupun lembaga pendidikan sebagai pihak yang memiliki peranana penting bagi kelancaran siswa dalam menghadapi ujian semester salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan (melalui pendekatan sumber daya manusia dengan menggunakan) metode pelatihan, salah satunya adalah pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hypnosis.
3. Bagi Masyarakat
Kegiatan pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hipnosis ini telah terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi ujian semester oleh karena itu bagi masyarakat umum diharapkan penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang usaha-usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia salah satunya terhadap kepercayaan diri dengan menggunakan metode hipnosis.
4. Bagi peneliti selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan tema ini, diharapkan dapat mengungkap lebih dalam lagi mengenai penyebab kepercayaan diri yang dialami subyek penelitian, dan memperhatikan kontrol terhadap variabel penelitian.

No comments: